Strategi Menetapkan Harga Jual

Dalam berbisnis, harga adalah salah satu faktor paling penting yang akan menentukan penjualan produk Anda. Konsumen di Indonesia seringkali terpikat pada harga murah saat pertama kali melihat suatu produk. Namun, harga murah tersebut seringkali menjadi jebakan bagi konsumen karena mereka keliru memilih produk yang tidak berkualitas. Dalam menentukan harga jual suatu produk, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor. Harga yang Anda tawarkan kepada konsumen haruslah rasional dan reasonable. Jangan memasang harga terlalu rendah karena tindakan tersebut justru membuat Anda rugi. Jangan memasang harga terlalu tinggi karena akan memberatkan konsumen. Tetapkan harga yang sesuai untuk kualitas produk dan biaya yang Anda keluarkan untuk membuat produk tersebut. Inilah tiga strategi untuk menetapkan harga jual produk Anda.

1. Perhitungkan Beban yang Anda Tanggung untuk Membuat Produk

Saat menentukan harga jual suatu produk, perhitungkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat produk tersebut. Biaya tersebut mencakup alat produksi, bahan, biaya promosi, biaya lain yang harus Anda keluarkan untuk menghasilkan produk tersebut. Harga jual harus lebih tinggi daripada biaya produksi. Jika harga sama atau lebih rendah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Setelah bersusah payah untuk menghasilkan produk, Anda tentu berhak untuk meminta harga yang pantas. Jika konsumen menganggap harga yang ditawarkan untuk produk tersebut mahal, jelaskan kepada mereka beban yang harus dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Harga harus reasonable karena konsumen biasanya sangat sensitif terhadap harga produk. Mereka mudah beralih ke produk lain selama harganya lebih murah.

2. Tentukan Profit Yang Anda Inginkan

Setelah mengetahui total biaya produksi yang harus Anda tanggung untuk setiap produk, saatnya untuk menentukan berapa persen keuntungan yang Anda inginkan. Sebagai produsen, Anda berkesempatan untuk mendapatkan profit paling besar, tetapi jumlah profit tetap harus wajar. Jika profit terlalu tinggi, konsumen tidak akan berminat pada produk yang Anda jual. Harga bisa menjadi aspek yang sangat sensitif bagi konsumen. Mereka biasanya mengharapkan produk berkualitas dengan harga yang lebih murah.

3. Perhatikan Pesaing Anda

Tidak ada bisnis tanpa persaingan. Selain Anda, ada pebisnis lain yang menjual produk sejenis. Biasanya kompetitor akan merebut pelanggan dengan menawarkan harga yang lebih murah. Mereka tidak segan untuk menawarkan harga murah sebagai strategi pertama untuk memenangkan persaingan dalam bisnis. Untuk memenangkan persaingan tersebut, Anda tentu harus memperhatikan harga jual produk. Jika harga produk terlalu mahal, konsumen bisa beralih ke konsumen Anda yang mungkin menawarkan produk yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih murah tentunya. Jadi, cermati apa yang kompetitor tawarkan dan lakukan strategi tertentu untuk memenangkan persaingan dalam bisnis, apapun produk yang Anda jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *